Menimbang Suzuki All New Ertiga Terbaru Tahun Ini

Menimbang Suzuki All New Ertiga Terbaru Tahun Ini

Otosentra – Menimbang Suzuki All New Ertiga Terbaru Tahun Ini, Suzuki kini punya produk mobil keluarga baru yang bisa diandalkan, All New Ertiga. Mobil tujuh penumpang itu tampil berubah total, mulai dari eksterior, interior, hingga dapur pacu, dan fitur keamanan yang semakin lengkap.

Untuk membuktikan ketangguhannya, VIVA beberapa waktu lalu mendapat kesempatan mencoba Ertiga varian tertinggi, GX ESP transmisi manual, awal bulan ini. Pengujian dilakukan di berbagai medan jalan, baik itu jalanan dalam kota, jalan tol yang benar-benar bebas hambatan, pedesaan, hingga jalanan pegunungan.

Secara tampilan dimensinya lebih panjang dan lebar dari versi sebelumnya. Pada bagian depan pabrikan berlogo ‘S’ ini mengubah desain bumper, kap mesin, dan gril, sehingga tampilan lebih berotot. Desain lampu kami nilai seperti kawin silang antara Kijang Innova dan SX4 S-Cross.

Penerangan utama masih mengadopsi proyektor halogen, belum LED. Tidak seperti lampu belakang dan stoplamp yang sudah LED. Spionnya sudah elektrik dan dapat buka-tutup secara otomatis.

Sebelum masuk ke dalam kabin, kunci hanya perlu dikantongi saja karena sudah smart key, jadi tinggal menekan tombol kecil di handle pintu.

Interior

Pandangan pertama, interior lebih mewah berkat aksen kayu yang membentang di panel dasbor, door trim dan setir, meskipun bahan jok masih kain.

Sistem hiburannya, head unit layar sentuh yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Karena ini tipe GX, maka konsol tengah terdapat ‘kulkas mini’ yang dapat mendinginkan dua botol minuman sekaligus.

Kalau secara tampilan, MID masih monochrome tidak seperti Ignis dan Baleno yang sudah full warna. Karena penasaran langsung coba untuk mendaratkan tubuh ke jok.

Untuk postur badan badan pendek, posisi duduk terasa nyaman, karena jok bisa diatur tinggi-rendahnya, bukan hanya maju-mundur saja. Walau pengaturan setir hanya tilt steering belum teleskopik, namun di setir sudah ada tombol pengatur suara, bluetooth dan penerima telepon.

Performa

Ketika pertama kali menyalakan mobil, raungan mesin K15B berkapasitas 1.500cc ini masih sama dengan versi sebelumnya K14B yang kapasitasnya 1.400cc. Meski hanya selisih 100cc, tenaga yang dihasilkan sangat berbeda. Mobil hampir tidak pernah kekurangan daya saat kita ingin menyalip maupun menanjak. Padahal saat itu kami mengisinya dengan lima penumpang dan barang.

Untuk handling sangat responsif dan radius putarnya juga luas. Ketika menikung tajam dengan dimensi yang lebih panjang, mobil ini masih lincah. Saat kecepatan tinggi pun, mobil tidak limbung. Ini baik dengan penumpang penuh maupun hanya satu orang tanpa barang.